Teknik Cepat dan Tepat Kuasai Registrasy Windows

JagoTips&TrikRegistryWindows

Registry terdiri dari beberapa key atau kunci. Kunci utamanya ada enam, yaitu HKEY_CLASSES_ROOT, HKEY_CURRENT_USER, HKEY_LOCAL_MACHINE, HKEY_USERS, HKEY_CURRENT_CONFIG, HKEY_DYN_DATA.

Di dalam registry windows tersimpan banyak rahasia. Jika Anda mengetahui rahasianya, Anda bisa mengoptimalkan windows dengan sempurna. Ada ratusan tips dan trik rahasia registry windows yang dapat Anda manfaatkan untuk memperhebat komputer. Anda bisa menyeting sendiri performanya sesuai keinginan dan kebutuhan.

Berkaitan dengan registry, Joko Dwi Santoso, S.Kom menulis buku Tips dan Trik Jago Registry Windows yang membahas tentang tip dan trik mengubah registry windows. Buku ini juga berisi solusi-solusi dari permasalahan yang timbul saat Anda mengutak-atik registry.

Buku terbitan IndonesiaTera ini cocok dijadikan bahan panduan untuk mengubah atau memodifikasi windows secara cepat, aman, dan menarik. Selain itu, buku ini juga disertai gambar sehingga mudah untuk dipraktikkan, terutama bagi pemula.

Sebelum mengubah registry, pastikan bahwa Anda mem-backup-nya terlebih dahulu. Ini penting seandainya perubahan tersebut mengakibatkan error, Anda masih bisa mengembalikannya seperti semula. Berikut adalah cara mem-backup-nya.

  • Membuka registry
    Klik menu Start (pada pojok kiri bawah), pilih Run. Ketikkan regedit, klik OK. Atau tekan tombol kombinasi pada keybord Anda (LOGO Windows + R) untuk memunculkan menu RUN, lalu ketikkan REGEDIT dan tekan ENTER.
  • Membackup registry
    Pilih registry key yang akan dibackup. Pada menu Registry, pilih Export Registry File. Tentukan letak directory dan nama file-nya. Kemudian pilih OK.
  • Mengembalikan key registry dari file back-up.
    Cara pertama: buka regedit, pilih menu Registry, Import Registry File. Pilih letak directory dan nama filenya. Klik OK.
    Cara kedua: Klik kanan pada file yang merupakan backup registry (ditandai dengan nama file berekstensi reg). Pilih Merge.
  • Ingat! Untuk mengubah atau membackup registry harus dilakukan oleh Anda yang tahu tentang registry, karena jika mengalami kerusakan, sistem operasi tidak dapat dikembalikan lagi (error). Pasalnya, registry merupakan jantung utama bagi windows.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*