Sadari Dulu Buat Apa Anda Belajar!

bulan-bahasa5-4

 

“Belajar rajut knitting itu mudah dan menyenangkan buat cewek maupun cowok. Buktinya, semua peserta berhasil menyelesaikan 1 project membuat gelang dari nol. Bahkan, sebagian besar baru pertama kali nyentuh! Namun, kesadaran buat apa mereka belajar ini, menjadi kata kuncinya,” ungkap Ajeng Galih Sitoresmi, penulis buku Kreasi Rajut Topi: 100% Knitting dalam program “Workshop Knitting Dasar” yang berlangsung pada hari Jumat, 8 Nopember 2013, pukul 15.00-17.30 WIB di TB. Gramedia Sudirman, Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta diberikan materi dasar membuat gelang rajut dengan bahan dan alat sudah disediakan penerbit. Selain peserta dari pengunjung toko buku, bergabung pula Komunitas Crafter Indonesia dari Jakarta dan Jogja yang turut meramaikan acara tersebut.

“Wah seru, Mas. Kebetulan saya cowok sendiri yang ikut di workshop ini. Dan ini pertama kali saya belajar rajut knitting. Dulu, saya anggap rajut knitting itu sulit. Tapi begitu  saya coba di sini ternyata mudah. Terlebih buku ini memang panduannya cukup jelas dan detail,” ungkap Fahmi salah satu peserta dari Bandung yang sedang berlibur ke Yogyakarta.

bulan-bahasa5-1Pada minggu berikutnya, program dilanjutkan dengan Rabu Berbahasa yang menampilkan talkshow  dengan tema “Metode Pintar Lancar Berbahasa Inggris” pada hari Rabu, 13 Nopember 2013, pukul 16.00-17.30 WIB di TB. Gramedia Sudirman, Yogyakarta.

“Seringkali, orang belajar bahasa Inggris bukan karena minat atau kesadaran atas kebutuhan mereka dalam mempelajari bahasa tersebut. Namun, lebih kepada bagian mata pelajaran yang harus mereka ikuti di sekolah atau di bangku kuliah,” kata Pak Silvester Goridus Sukur, penulis Buku Pintar Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari terbitan Indonesia Tera.

“Jika dasarnya itu, maka wajar jika Anda tidak bisa lancar dalam percakapan bahasa Inggris. Bahkan beberapa kasus, mereka yang mau dan bisa belajar bahasa Inggris justru gara-gara kepepet, lho! Makanya, salah satu kunci dalam lancarnya belajar percakapan bahasa Inggris adalah sadari dulu untuk apa Anda belajar bahasa ini?,” tambahnya sekaligus menanggapi pertanyaan dari peserta dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang dikenal sebagai Brand Manajer ELTI Yogyakarta ini juga memberikan tips-tips praktis kepada para peserta dan pengunjung TB. Gramedia Sudirman sesuai dengan kebutuhan yang ada. Mulai dari bagaimana mengajarkan bahasa Inggris ke anak, remaja dan mahasiswa, hingga kalangan pendidik dan profesional.

bulan-bahasa5-2“Saya pingin banget bisa ngobrol dengan turis dengan lancar. Setelah tadi dapat tips dari Pak Silvester yang jelas dan detail, saya jadi semakin yakin,”ungkap Aprilia, salah satu mahasiswi PTS di Yogyakarta yang kebetulan mengikuti acara tersebut.

Acara Rabu Berbahasa Edisi ke-5 tersebut sekaligus menutup rangkaian acara pendukung peringatan Bulan Bahasa bersama Indonesia Tera di tiga TB. Gramedia di Yogyakarta, yakni TB. Gramedia Ambarukmo Plaza, TB. Gramedia Malioboro Mall dan TB. Gramedia Sudirman.

Terima kasih atas semua partisipasi Para penulis Indonesia Tera, Distributor Kelompok Agromedia, TB. Gramedia Yogyakarta, RRI Pro-2 dan semua komunitas yang telah terlibat dalam program ini. Sampai bertemua kembali dalam Program Indonesia Tera lainnya. Salam Kreatif. (TP).

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*