Minat Menulis itu Masih Luar Biasa!

acara

(Review Kulik Dunia Penulisan & Penerbitan Buku)

 

Minat untuk menjadi seorang penulis buku di kalangan muda itu ternyata antusiasnya masih luar biasa, lho! Hal ini paling tidak terbukti pada membanjirnya peserta  di setiap penyelenggaraan “Kulik Dunia Penulisan & Penerbitan Buku” yang baru saja berlangsung di Jogja dan Solo.

Acara yang terbagi dalam 3 event ini merupakan program dari Penerbit Indonesia Tera, Penerbit Gagas Media Group, Distributor Agromedia Group cabang Jogja  yang bekerjasama dengan TB. Gramedia Sudirman Jogja, RRI Pro-2 Jogja, dan TB. Gramedia Surakarta.

Bagaimana serunya penyelenggaran setiap acaranya ? Simak kupasannya berikut ini, ya !

  • Kulik Dunia Penulisan & Penerbitan Buku # 1 – Jogja 1

Pendaftaran peserta yang dibuka tanggal 5-12 September 2014 ini akhirnya ditutup tanggal 9 September 2014 karena kuota maksimal peserta sebanyak 30 orang telah terpenuhi.
Acara yang berlangsung di TB. Gramedia Sudirman hari Sabtu, 13 September 2014 ini berlangsung mulai pukul 15.30-17.45 Wib.
Dibuka dengan penampilan stand up comedy dari @sand_pras  di area Instore TB. Gramedia Sudirman. Seru, karena judul “Gang Motor Syariah” yang dibawakannya sangat menghibur para pengunjung dan peserta di area tersebut.
Begitu stand up comedy kelar, para peserta dan narasumber bersama-sama menuju ruang tertutup di lantai 4. Begitu masuk ruangan, kapasitas kursi untuk 30 orang peserta langsung full.      
Mulailah diskusi penulisan dan penerbitan buku ini berlangsung. Paparan seputar menggali potensi penulis dan bidang-bidang yang bisa disasar untuk buku-buku non fiksi disampaikan oleh Tri Prasetyo (Redaksi Indonesia Tera). Dilanjutkan dengan sharing pengalaman dari Apin Imun ( Penulis buku “Lancar Ngobrol Bahasa Prancis Sehari-hari” / Indonesia Tera). Setelah itu Bernard Batubara (Penerbit Gagas Media Group DIY-Jateng) pun menyampaikan materi seputar penulisan fiksi. Hadir pula penulis dari buku Penerbit Gagas Media  “@derita mahasiswa” yakni Unggul Haddad yang juga ikut berbagi pengalaman kepada para peserta seputar proses penulisan bukunya.
Para pesertapun cukup antusias. Begitu sesi tanya jawab dibuka, 8 penanya silih berganti menyampaikan unek-uneknya seputar fiksi maupun non fiksi. Tanggapan secara tuntas pun langsung disampaikan keempat narasumber kepada para peserta. Akhirnya, tanpa terasa pukul 17.45 Wib menjadi penanda berakhirnya program ini.

  • Kulik Dunia Penulisan & Penerbitan Buku # 2 – Jogja 1

Program kedua ini merupakan bagian dari peringatan Hari Radio ke-69 RRI Pro-2 Yogyakarta yang jatuh pada  tanggal 11 September 2014. Dilaksanakan dalam tajuk “Book Review on Stage” di Jogja Paradise Resto & Food Court , Jl. Magelang Km.5 Yogyakarta pada hari Rabu, 17 September 2014 pukul 19.00-21.45 WIB.
Program “Book Review” merupakan program rutin RRI Pro-2 setiap Rabu malam yang dikerjasamakan dengan berbagai penerbit termasuk Indonesia Tera & Gagas Media dengan menghadirkan buku dan penulisnya yang disiarkan secara On Air. Sedangkan “Book Review on Stage” merupakan program puncaknya yang diselenggarakan 1 tahun sekali secara On Air dan Off Air. Untuk itu, dalam kesempatan ini sekaligus menjadi ajang penguatan kerjasama antara RRI Pro-2 Yogyakarta (diwakili Ibu Dra.Saraswati selaku  Kepala RRI Yogyakarta)  dengan Kelompok Agromedia Group (diwakili Tri Prasetyo) yang dikukuhkan dengan sambutan dan penyerahan cindera mata dari masing-masing lembaga sebelum acara dimulai.

Acara diskusi pun berlangsung sangat meriah. Sebab kuota kursi peserta sebanyak 120 orang yang disediakan panitia full oleh para peserta yang rata-rata adalah mahasiswa, pelajar, dan kaum profesional. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan Stand Up Comedy @sand_pras dan penampilan musik dari Indie Pro dengan berbagai lagu terkininya.   
Host dari RRI Pro-2 Yogyakarta yang memandu acara tersebut yaitu Lulu Rahadi cukup piawai dalam memadukan kompetensi para narasumbernya. Paparan Tri Prasetyo (Redaksi Indonesia Tera), Bernard Batubara (Redaksi Gagas Media Group DIY-Jateng), Apin Imun (Penulis buku di Indonesia tera), dan Unggul Haddad (penulis buku di Gagas Media) pun langsung direspon dengan cepat oleh para peserta yang ada.

acara2

  • Kulik Dunia Penulisan & Penerbitan Buku # 3 – Solo

Seperti pelaksanaan di 2 program sebelumnya yang direspon antusias oleh para peserta, di Surakarta pun yang menjadi rangkaian program ketiga juga tidak kalah serunya, lho ! Kuota peserta yang disediakan pihak TB. Gramedia Slamet Riyadi pun langsung full hanya dalam waktu 3 hari dibukanya pendaftaran dari 10 hari waktu yang disediakan.  

Acara yang berlangsung hari Sabtu, 20 September 2014 di Lantai 2 TB. Gramedia Slamet Riyadi pukul 15.30-17.45 Wib ini menghadirkan pula 4 narasumber dari Penerbit dan penulis seperti halnya program sebelumnya. Yang membedakan adalah digantikannya Unggul Haddad dengan Arini Putri (Penulis buku “Goodbye Happiness” di Gagas Media) yang memang berdomisili di Solo.
Kursi yang disediakan pihak TB.pun ludes tak bersisa diisi oleh para peserta. Namun untungnya program ini dilaksanakan di area terbuka, sehingga tetap banyak peserta dan pengunjung TB. yang tetap bisa mengikuti meskipun dengan berdiri.  
Pertanyaan demi pertanyaan pun mengalir dari para peserta yang langsung direspon cepat oleh para narasumbernya. Sehingga waktu 2 jam lebih yang disediakan terasa begitu cepatnya. Sesi pun akhirnya ditutup dengan tanda tangan dan foto bareng para penulis dan penerbit.

acara3Memang, ngomongin dunia penulisan buku sampai hari ini masih menjadi hal yang menarik untuk  dibahas dalam berbagai forum seperti  program “Kulik Dunia Penulisan & Penerbitan Buku” di atas. Penerbit pun sudah sangat terbuka untuk berbagai informasi dan siap menjemput bola untuk menampung  potensi-potensi yang bisa dikembangkan di dunia penulisan.

So, terus kembangkan potensimu dan temukan penerbit terbaikmu, ya #Teranesia ! Maju terus dunia perbukuan Indonesia !   (TP)

Poster-Final-RRI-Jogja

posterSOLO-CETAK

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*