Mengenal Peribahasa Indonesia

Peribahasa

Apalagi dicermati, penerbitan buku mengenai peribahasa daerah memang telah dirintis oleh pemerintah. Tetapi jumlah pengadaan dan persebarannya terbatas, nyaris hanya untuk dokumentasi perpustakaan serta menunjang mata pelajaran bahasa di sekolah. Selain itu, peribahasa daerah umumnya hanya berkembang di daerah masing-masing. Jarang dilakukan upaya penyiaran yang lebih luas sehingga akibatnya nilai manfaat dari peribahasa tersebut tidak terserap oleh masyarakat di luar lingkungannya.

Dengan hal itu, penerbit IndonesiaTera berupaya menyajikan berbagai peribahasa yang ada di Indonesia secara terbuka kepada masyarakat melalui buku “Kumpulan Peribahasa Indonesia dari Aceh sampai Papua” karya Imam Budhi Santosa. Buku ini disusun disusun sesuai dengan bahasa daerah masing-masing dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan ditafsirkan.

Melalui penyajian ini diharapkan pembaca dapat memperoleh beragam informasi serta nilai kearifan lokal yang selama ini tersembunyi di balik relung labirin kebudayaan Indonesia. Paling tidak, melalui ungkapan peribahasa tersebut dapat dikaji berbagai fenomena kehidupan masyarakat di negeri ini secara lebih dekat dan terbuka.
Semoga buku ini bermanfaat.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*