Lucu Bikin Ketawa

ketawagokil

Selamat datang di dunia tawa 4 sehat 5 tertawa..
“Aneh itu lucu, lucu itu aneh”, menurut teori yang disampaikan maestro lawak kita bapak Teguh Srimulat. Lucu sangat erat kaitanya dengan segala sesuatu yang aneh. Aneh berarti menyimpang atau tidak sesuai dengan yang semestinya. Hal tersebut terkait juga dengan bagaimana kita memainkan logika.

Permainan logika merupakan salah satu teori untuk menciptakan kelucuan. Caranya dengan membolak-balikkan logika umum saja. Logika yang lurus dibelokkan dan logika yang belok diluruskan. Logika yang berubah pasti menimbulkan keanehan atau lucu.

Dalam bahasa komunikasi agar lucu itu dimengerti harus ada share informasi. Jadi antara komunikator (penyampai) humor dan juga komunikannya (penonton) memiliki background budaya, pengetahuan atau pengertianyang sama.

Lucu itu relatif, karena bagaimana pun juga humor adalah bagian dari budaya. Lucu sangat tergantung dari lingkungan masyarakat di mana kelucuan itu muncul. Lucu menurut nelayan belum tentu lucu menurut pejabat, lucu di Madura belum tentu lucu di daerah Sunda, begitu seterusnya. Jadi lucu itu sangat relatif, tergantung dari lingkungan, tingkat pendidikan, profesi, dan lain-lain.

Untuk itu diperlukan audiens research untuk mengetahui berbagai informasi tentang karakter audiens. Pelawak senior Kirun mengatakan bahwa sebaiknya seorang pelawak datang ke lokasi pertunjukan minimal satu jam sebelumnya untuk mengetahui situasi dan kondisi yang akan dihadapinya nanti.

Dalam buku Ketawa Gokil karya Wawan Kondo dan David Mboys yang diterbitkan IndonesiaTera juga menyajikan berbagai kelucuan yang sangat menarik. Wawan Kondo dan David Mboys juga memberi saran-saran sebelum Anda melanjutkan aktivitas membaca.

Berikut ini saran-sarannya:

  • Sebelum memulai membaca, siapkan satu gelas teh hangat atau sebotol soft drink atau minuman kesukaan Anda. Letakkan minuman tersebut di samping Anda. Atau di tempat yang mudah Anda jangkau. Jika sudah, mulailah membaca. Jangan lupa berdoa agar apa yang anda lakukan selalu dalam lindungan-Nya. Amin.
  • Waktu istiraha, berhentilah membaca dan pergilah ke kamar mandi. Ingat! Menurut penelitian, 7 dari 10 orang yang terbiasa menahan “pipis” mengalami kerusakan pada ginjalnya dan menurut penelitian, 10 dan 7 orang (loh?) yang mengalami kerusakan ada ginjalnya sangat dekat dengan kematian. Hi.. Syeremkan? Makanya buruan ke kamar mandi!!! Jangan biarkan membaca mengganggu kesehatan Anda.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*