Kosakata Menjadi Salah Satu Kunci dalam Percakapan

Mr-Hani-3

 

“Banyaknya kosakata yang kita kuasai, menjadi salah satu kunci dalam kelancaran percakapan bahasa Inggris,” ungkap Mr. Hani Sutrisno menanggapi pertanyaan Sahabat Kreatif saat talkshow Book Review in Radio di RRI Pro-2 (102,5 FM) Yogyakarta, Rabu 9 Oktober 2013, pukul 19.30-21.00 WIB.

Acara yang dipandu penyiar Lulu Rahadi cukup mendapat banyak atensi dari para pendengar RRI Pro-2. Lebih dari 30 sms dan 1 penelpon ikut bergabung di acara ini. Tidak hanya dari Jogjakarta saja, namun dari Kebumen, Purworejo & Magelang juga ikut berpartisipasi.

Dalam kesempatan tersebut, penulis buku Vocabulary for Daily Conversation memberikan metode-metode sederhana yang bisa diaplikasikan langsung dalam memperlancar percakapan. Salah satu yang cukup unik adalah Metode ASINDO (Asing tapi Indonesia), yakni dengan berbicara seperti biasa dalam bahasa Indonesia namun menggunakan logat asing seperti halnya gaya cinta laura.

Mr-Hani-2“Cara ini sangat sederhana, namun dapat melatih kefasihan kita dalam berbahasa Inggris. Kunci dalam berbahasa adalah berani. Berani praktek dan jangan takut salah. Tak perlu malu dan ragu.  Sebab berdasarkan pengalaman saya menggeluti bidang ini hampir 20 tahun secara otodidak, keberanian untuk praktek langsung menjadi modal dasar utamanya,” ungkap pendiri dan penggerak Desa Bahasa di Borobudur Magelang ini.

“Dalam buku saya Vocabulary for Daily Coneversation ini, Anda dapat dengan mudah mengasah perbendaharaan kosakata secara cepat. Sebab, di sini sudah saya kelompokkan per tema  berdasarkan kosakata yang paling sering digunakan lengkap dengan contoh-contohnya!” jawab Mr. Hani saat ditanya keunggulan buku tersebut.

Acara Book Review in Radio tersebut merupakan rangkaian program Bulan Bahasa bersama Indonesia Tera dengan tema “Jogja Cinta Baca, Jogja Cinta Bahasa” yang berlangsung 7 Oktober – 18 Nopember 2013.

Adapun untuk progran utama “Rabu Berbahasa” edisi minggu ke-2, akan berlangsung talkshow “Metode Cepat Hafal Kosakata Bahasa Inggris dengan Cas Cis Cus” bersama Mr. Hani Sutrisno di TB. Gramedia Ambarukmo Plaza, Yogyakarta pada Rabu, 16 Oktober 2013.

Selain itu, “Jumat Kreasi” yang juga pendukung program Bulan Bahasa akan menghadirkan Putih by Green Line dalam sesi Hijab Class-Hijab Multiple Style pada hari Jumat, 18 Oktober 2013, pukul 15.00-17.30 WIB di TB. Gramedia Ambarukmo Plaza, Yogyakarta.
 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*