Kamus Lengkap Bahasa Jawa Halus

Jawa

Apalagi sebagian anak muda sekarang mengenal bahasa Jawa hanya dengan menggunakan bahasa Ngoko. Coba mereka ajak berbicara bahasa Jawa halus atau Krama Inggil, pastilah mereka akan kesulitan dalam menggunakan berbahasa tersebut.

Nah, apabila perkembangan bahasa Jawa ini putus di generasi muda, akan terjadi kepunahan bahasa Jawa. Bagaimana bisa menjelaskan dan melatih anak cucu mereka jika tak mampu berbahasa Jawa. Dan coba bayangkan jika seluruh masyarakat pulau Jawa ini tak mampu lagi berbahasa Jawa, yang terjadi adalah hilangnya bahasa Jawa di pulau Jawa itu sendiri.

Padahal, bahasa daerah, salah satunya bahasa Jawa memiliki nilai sastra yang tinggi. Dengan alasan ini, banyak sastrawan atau budayawan asing yang mempelajari bahasa Jawa. Mereka mengetahui bahwa bahasa Jawa merupakan kandungan khazanah budaya yang tak ternilai.

Kemudian, bagaimana dengan kita? Tentunya harus lebih dari para budayawan dan sastrawan asing tersebut. Bukan saja mesti mempelajari, tapi bahkan mesti melestarikan dan mengajinya secara serius. Bila perlu dan konteks yang lebih luas lagi. Salah satunya, dengan membiasakan diri berbicara bahasa Jawa halus. Sebab, kita adalah pemilik dan pelaku budaya Jawa.

Akan tetapi, mungkin bisa ditemukan kesulitan mencari sumber-sumber atau referensi bahasa Jawa halus. Sebab, secara komunikatif sudah jarang ditemukan, kecuali bagi orang-orang tertentu yang benar-benar peduli terhadap Krama Inggil.

Penerbit Indonesia Tera ikut membantu dan peduli dalam melestarikan bahasa Jawa dengan menerbitkan buku “Pepak lan Wasis Bahasa Jawa” yang disusun oleh Febyardini Dian P.R.,S.S, Fela Prihandi, S.S, dan Y.M.Purwono., S.S. Buku ini membahas sekumpulan kosakata dan pengertian-pengertian tentang bahasa, sastra, dan budaya Jawa.

Melalui buku ini, Anda bisa merujuk segala pengertian dari bahasa Jawa halus. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah berkomunikasi secara sopan dan halus, sebagaimana akar budaya yang dimiliki oleh orang Jawa itu sendiri.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*