HJ. B.R.A. MOORYATI SOEDIBYO SS

Lahir di Surakarta 5 Januari 1928 putri KRMTA Poornomo Hadiningrat seorang Bupati Brebes. Ibundanya adalah GRA. Kussaalbiyah, salah seorang puteri Sri Susuhunan Pakubuwono X. Sejak usia 3 tahun diasuh oleh eyangnya, Sri Susuhunan Pakoe Boewono X di lingkungan keraton Surakarta yang dikenal sebagai pusat dan sumber kebudayaan Jawa. Di keraton tersebut beliau mendapat pendidikan tradisionil yang sangat menekankan pendidikan mengenai tata karma, seni tari klasik, karawitan, membatik, ngadi saliro, ngadi busono, mengenal tumbuh-tumbuhan berkhasiat, meramu jamu dan kosmetik tradisionil dari bahan alami, sastra dan aksara Jawa, tembang langgam macapat, seni budaya lainnya.
Mengikuti kuliah di universitas Saraswati Surakarta, jurusan sastra Inggris, dan setelah berkeluarga melanjutkan studi sastra di Universitas Terbuka. Selesai tingkat S1 sebagai sarjana sastra. Mengikuti program pasca sarjana (S2) program studi linguistik terapan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Mendapat gelar doctor kehormatan dari Pacific Western University Los Angeles, USA, 1995.
Berbagai jabatan disandangnya. Di antaranya adalah Direktur Utama PT Mustika Ratu, Direktur Utama PT. Mustika Ratu Investama, Direktur Utama PT. Mustika Ratu Centre, Direktur Utama PT. Mustika Princess Hotel, Dewan Penyantun Universitas Sebelas Maret – Surakarta.
Aktif di berbagai organisasi politik, social dan budaya antara lain: Anggota MPR/RI tahun 1997, Angota Dewan Penyantun Universitas Sebelas Maret (UNS) 1994-2001. Ketua dan pendiri Yayasan Puteri Indonesia, Pemegang Francise Miss Universe. Ketua Yayasan Mooryati Soedibyo, bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret-Surakarta untuk pendidikan Program S.2 di Jakarta, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia (GP Jamu), sejak tahun 1986. Ketua Umum Persatuan Perusahaan Kosmetik Indonesia (PERKOSMI), sejak tahun 1986. Ketua Umum Ikatan Amemetri Kebudayaan Tradisionil Indonesia (IAKTRI). Ketua dan Pendiri Asosiasi SPA Indonesia (ASPI), Anggota Internasional SPA Association, Ketua Ahli Kecantikan se-dunia Cidesco Sie Indonesia sejak tahun 2000.
Penghargaan yang pernah dicapai antara lain: UPAKARTI dari Presiden Republik Indonesia untuk Usaha Pelestarian Obat Tradisionil Indonesia, 1989. Satyalencana Pembangunan dari Bapak Presiden RI, melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI atas jasa pengabdian Pendidikan Luar Sekolah, Mei 1993. The Asian Marketing Management Award diberikan oleh The Institute of Management Philipina. Sahwali Award tentang kepedulian lingkungan oleh Pusat Informasi dan  Pengelola Lingkungan Indonesia (PIPLI), 11 November 1996. Kosmetik Mustika Ratu memenangkan juara umum tata rias internasional pada kongres Cidesco di Glasgow, Vancouver-Canada, New York, Hongkong dan Singapore.
Beliau sangat peduli dalam perjuangan meningkatkan keahlian sumber daya manusia, terutama kaum wanita dan mendapat penghargaan sebagai pembina tenaga kerja wanita terbaik dari Depnaker. Sangat peduli dalam mengangkat citra budaya Indonesia di berbagai forum nasional dan internasional. Aktif di berbagai forum ilmiah di dalam dan di luar negeri.
Mooryati dipersunting oleh Bapak KRMH. Ir. Soedigjo Poerba Hadiningrat MSc pada tahun 1956. Dikaruniai 3 orang putri dan 2 orang putra.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*