Belajar Tenses dengan Metode Jari

Extremity-upper-fingers

Extremity-upper-fingers

Saat ini sudah banyak orang Indonesia yang bisa berbahasa Inggris, mulai dari anak sekolah sampai orang dewasa. Namun kadang dalam percakapan berbahasa Inggris tersebut, jarang ada yang memperhatikan grammar dengan baik. Padahal grammar adalah salah satu komponen penting dalam pembentukan kalimat bahasa Inggris.

Pada kurikulum pendidikan bahasa Inggris di sekolah, tentu terdapat pelajaran tentang grammar, terutama tenses. Pelajaran tentang tenses biasanya tidak disukai siswa karena dinilai sulit dimengerti. Padahal ada metode menarik yang bisa dipraktekkan untuk memahami tenses dalam bahasa Inggris.

Bagaimana Anda memahami simple past future tense? Tenses ini biasa digunakan untuk menyatakan rencana suatu aktivitas/peristiwa yang akan dilakukan di masa lampau. Simple past future tense menggunakan pola kalimat:

Subject + should/would +V1

Contoh kalimatnya:
She would invite you yesterday
(Dia (pr) (rencananya) akan mengundangmu kemarin)

Ada pula contoh kalimat dalam bentuk negatif seperti:
He would not meet you
(Dia (lk) tidak akan menemui kamu)

Kalimat negatif hanya perlu menambah “not” setelah kata “should” atau “would”. Cukup mudah, bukan? Jika masih lupa dan lebih ingin memahami struktur kalimatnya, ada metode jari yang dapat dicoba. Bagaimana caranya? Lihat gambar peraga dibawah ini:

sentence21

Dengan keterangan tersebut, maka bisa dibuat kalimat simple past future tense seperti ini:

positive-sentence

Beberapa gerakan tangan dan jari ini mewakili tiap kata dalam bahasa Inggris. Jika sering melatih dan menghafal gerakannya, tentu mudah untuk memahami 16 tenses yang ada.

Gambar ilustrasi: edc2. healthtap.com


Metode belajar tenses dengan menggunakan jari ini dikutip dari buku Pintar Jari Tenses karya Mr. Hani Sutrisno. Hanya dengan jari, Anda bisaPintar-Jari-Tenses-Tera dengan mudah menghafal dan memahami 16 tenses dalam bahasa Inggris.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*