Asyiknya Bertanam & Merawat Kaktus

kaktus

Nama kaktus diambil dari bahasa Yunani ‘kaktos’.  Artinya, tanaman berduri. Kaktus berasal dari daratan gersang yang panas atau disebut gurun. Untuk pertumbuhannya, kaktus membutuhkan sinar matahari yang banyak.

Kenapa kaktus bisa bertahan hidup di daerah kering? Sebab, batang kaktus bisa menyimpan banyak air sebagai persediaan kebutuhannya terhadap air. Oleh sebab itu, kaktus jangan terlalu sering disiram, karena malah akan membuatnya menjadi tidak sehat. Selain itu, kaktus mengolah makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun atau klorofil.

Jadi, kalau kaktusmu diletakkan di sudut yang gelap dan tidak terkena sinar matahari, segera keluarkan dan letakkan di teras atau dekat jendela yang terkena sinar matahari. Apabila tidak, tanaman kaktusnya akan layu dan berakibat kematian.

Keunikan lainnya, kaktus memiliki banyak duri.  Sehingga apabila tidak hati-hati memegangnya bisa menusuk jari.  Tentunya pasti sakit rasanya, sekalipun tidak berbahaya. Kaktus memiliki penampilan yang kokoh, unik, dan indah. Terutama apabila dipadukan dengan kombinasi tanaman lain yang serasi.

Namun, tahukan bagaimana menanam dan merawat kaktus yang baik dan benar? Adik-adik jangan khawatir. Dengan buku Menanam & Merawat Kaktus karya Anindita Siswanto yang diterbitkan Indonesia Tera, adik-adik akan mengetahui dengan mudah bagaimana menanam, merawat, dan memperlakukan tanaman kaktus ini. 

Selamat bertanam kaktus!

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*