Asyiknya Belajar Metode Lancar Berbahasa & Workshop Kreasi

Mr.-Hani-Gramedia-2

 

Program Bulan Bahasa bersama Indonesia Tera memasuki minggu ke-2. Adapun program ini diisi dengan dua acara, yaitu Rabu Berbahasa bersama Mr. Hani Sutrisno penulis buku Vocabulary for Daily Conversation dan Jumat Kreasi bersama Putih by Green Line penulis buku Simple, Unique, & Pleasure with Hijab Multiple Style.

Rabu berbahasa yang berlangsung Rabu, 16 Oktober 2013, pukul 15.00-17.30 WIB di awali dengan demo dari Shihab—putra Mr. Hani Sutrisno. Secara fasih, Shihab yang baru berusia 5 tahun ini mampu menghafal 16 tenses dengan cepat sambil menggunakan gerakan tangan. Demo dari Shihab ini pun menarik perhatian beberapa ibu-ibu yang sedang bersama anaknya untuk mengikuti acara ini.

“Menerapkan metode cantolan dengan kata dan gerakan juga bisa menjadi salah satu cara termudah untuk memperlancar hafalan kita terhadap kosakata dalam bahasa Inggris. Hal ini seperti yang saya terapkan di Desa Bahasa Borobudur,” ungkap Mr. Hani Sutrisno.

“Misalnya untuk kata good morning (selamat pagi), saya tunjukan dengan tangan kanan mengepal ke samping dan mengatakan, ‘Pagi-pagi kita makan marning. Apa itu? Good Morning’. Kemudian untuk kata good day (selamat siang), saya tunjukan dengan tangan kanan mengepal ke atas dan mengatakan ‘Siang-siang kita makan gudeg. Apa itu? Good Day!’ dan lain sebagainya. Selain itu, juga diselingi dengan nyanyian dan gerakan. Dengan begitu, pembelajaran bahasa menjadi sangat menyenangkan!” kata Mr. Hani Sutrisno saat mencontohkan beberapa cara dalam memperlancar hafalan terhadap kosakata bahasa Inggris.

“Sebagai seorang guru, saya sangat tertarik dengan konsep asyik yang diterapkan Mr. Hani Sutrisno,” ungkap Budi, guru bahasa Inggris di salah satu SMP di Sleman yang mengikuti acara ini.

Mbak-Kika-1Sementara itu, program pendukung Bulan Bahasa ini juga diisi dengan program Jumat Kreasi.  Adapun acara yang berlangsung Jumat, 18 Oktober 2013, pukul 15.00-17.00 WIB di TB. Gramedia Ambarukmo Plaza, Yogyakarta ini menghadirkan “Hijab Class-Hijab Multiple Style, Satu Bahan Ragam Gaya” bersama Putih by Green Line. Hadir dalam kesempatan tersebut Mbak Kika dan Pinsa Putih, mereka adalah 2 di antara 3 penulis dari Putih By green Line dengan buku Simple, Unique & Pleasure with Hijab Multiple Style.

Mbak Kika dan Pinsa langsung mendemokan beberapa Kreasi yang ada dalam buku. Tidak hanya dalam gaya berhijab, namun sekaligus juga dalam gaya fashion yang menyertai gaya hijabnya. Simple, karena cukup menggunakan satu bahan saja dan para peserta sudah bisa mendapatkan 3-5 gaya serta suasana yang berbeda hanya dengan memindah posisi kancingnya.

Beberapa pengunjung toko buku pun langsung berkonsultasi seputar padu padan warna, hingga menyiasati hijab dengan bentuk muka yang cenderung tembem, seperti yang dilakukan Dina—salah satu mahasiswi UPN yang ikut bergabung pada acara tersebut.

Untuk edisi minggu ke-3 besok, program Bulan Bahasa akan menghadirkan Workshop Penulisan Fiksi & Non Fiksi dengan tema “Setiap Orang Bisa Menerbitkan Buku; Kupasan Seputar Dunia Penulisan dan Strategi Menembus Penerbit”. Acara yang akan berlangsung Rabu, 23 Oktober 2013, pukul 15.00-17.30 WIB di TB. Gramedia Ambarukmo Plaza, Yogyakarta ini akan menghadirkan narasumber Tri Prasetyo (Indonesia Tera) & Edi Akhiles (Diva Press Group). Acara gratis dan terbuka untuk umum. (TP)
 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*