Workshop Penulisan Redaksi Bareng 4 Penulis Perempuan Semarang

workshop_menulis_tera

Salut dengan semangat anggota Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang ini. Mereka sudah memilih jalur menulis sebagai bagian penting dari hidupnya tanpa pernah mengesampingkan arti pentingnya keluarga. Beruntung, jika menulis ini sudah menjadi hobi mereka dulu. Tapi yang justru menarik ternyata banyak yang belum tergambar sebelumnya, lho! Awalnya mungkin seperti terpaksa karena merasa ingin lebih merdeka (jenuh bekerja, dll), tapi begitu ditekuni ternyata hasilnya luar biasa dan bermanfaat untuk banyak orang. Atau awalnya sekedar untuk mengisi kekosongan (karena anak anak sudah mulai besar, mengikuti pindahnya suami,dll), kini sudah berubah aktivitas produktif yang yang bisa menghasilkan.

Memang, ini bukanlah proses yang instan dan tetap dibutuhkan kemauan untuk belajar dan terus belajar. Namun untuk saat ini, apa sih yang tidak bisa dipelajari? Konten dan media pendukung sudah sedemikian luasnya menyediakan itu. Tinggal kuncinya ada pada setiapnya personalnya ternyata, hehehehe…..

Nah, itulah sedikit rangkuman program Redaksi Penerbit Indonesia Tera bareng IIDN Semarang untuk ikut memeriahkan gelaran event “Semarang Gebyar Buku Merdeka 2016” di Toko Buku Gramedia Pandanaran Semarang kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Redaksi menghadirkan hadir 4 orang penulis perempuan Semarang anggota IIDN yang terbagi dalam 2 sesi yang berbeda. Sesi 1 digelar tanggal 25 Agustus 2016 pkl. 15.30-17.30 Wib. Acaranya diberi tajuk “Workshop Menulis Artikel & Blog Travelling” bersama mbak Hidayah Sulistyowati dan mbak Muna Sungkar dipandu Tri Prasetyo (Redaksi). Nah, mbak Hidayah Sulistyowati memang fokus pada penulisan artikel di blog maupun media massa. Cita-citanya adalah membuat buku solo. Sedangkan mbak Muna Sungkar ini seorang penulis buku dan blogger travelling.

Sedangkan sesi ke-2 “Talkshow Buku Jadi Komik” digelar tanggal 29 Agustus 2016 pkl. 15.30-17.30 Wib. Menghadirkan mbak Dedew (Penulis Buku Anak Kos Dodol dan Anak Kos Dodol Dikomikin) & mbak Rahmi Aziza (penulis Komik Mak Irits) dengan dipandu Tri Prasetyo (Redaksi). Mbak Dedew ini seorang penulis buku yang produktif. Tidak kurang 32 judul buku sudah ia hasilkan dalam berbagai jenis : humor, anak, remaja, dan lain sebagainya. Tulisan lainnya tersebar di beberapa blog yang dia kelola. Begitu juga mbak Rahmi, selain buku dan blog, karya komiknya juga banyak beredar di Webtune.

Seru, sebab para pengunjung toko buku ternyata sangat antusias menggali pengalaman dari mereka. Tak hanya itu, mereka pun menebarkan virus-virus kreatif kepada Ibu-Ibu yang lain untuk mengoptimalkan potensinya dalam bidang apa pun yang bermanfaat.

So, semoga program ini bermanfaat. Dan para penulis perempuan Semarang ini makin produktif dalam berkarya, ya! Salam Merdeka! (TP)

workshop_menulis2

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*