Workshop Komik Strip Bareng Redaksi & Semarang Comic Strip

Workshop-Komik-Strip

Dalam rangka mememeriahkan program Program “Semarang Gebyar Buku Merdeka 2016” di TB. Gramedia Panadanaran, Redaksi Penerbit Indonesia Tera bekerjasama dengan komunitas Semarang Comic Strip pada tanggal 19 Agustus 2016 kemarin menggelar “Workshop Komik Strip” untuk umum di TB. Gramedia Pandanaran. Acara yang berlangsung pukul 15.30-17.30 Wib ini menghadirkan 2 narasumber yaitu mas Louis Cahyo Kumolo (creator Komik Gono Gini) & Alvian (creator Komik Kyuri) dipandu Tri Prasetyo (Redaksi).

Dalam kesempatan itu, mas Louis Cahyo Kumolo lebih banyak memberikan materi seputar komik dan berbagai hal yang melingkupinya termasuk bagaimana pentingnya membuat cerita. Nah, Sedangkan mas Alvian khusus memberikan materi seputar bagaimana membuat karakter dalam komik, khususnya berangkat dari Komik Kyuri miliknya.

Nah, menurut mas Louis dan mas Alvian, bahwa membuat komik bukan hanya dibutuhkan kemampuan menggambar saja, akan tetapi yang lebih penting justru bagaimana membuat cerita agar komunikasi bisa tersampaikan ke pembaca. Sedangkan untuk teknis menggambarnya akan terlatih dengan sendirinya seiring berjalannya waktu dan keseriusan si komikus itu sendiri. Jadi kunci utamanya ada pada latihan dan latihan.

Begitu paparan kelar dijelaskan, para peserta yang terdiri dari para pengunjung ini langsung diberi kesempatan untuk praktek langsung membuat komik strip dengan 4 panel dengan waktu 1 jam saja. Idenya dari keseharian yang mereka jalani hari itu. Pada proses ini seru lho, sebab para peserta bebas berekpresi. Begitu kelar, hasilnya langsung dinilai oleh mas Louis dan mas Alvin. 3 orang yang beruntung langsung medapatkan hadiah buku dari mas Louis. Seru kan?

So, jika kalian tertarik untuk membuat komik, selain latihan dan latihan, kalian juga bisa gabung dengan komunitas komik yang ada di sekitar kalian. Kalau di Semarang, kalian bisa gabung juga salah satunya dengan Semarang Comic Strip ini, lho! Salam Kreatif! (TP)

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*