Sukses Berbisnis Setelah di-PHK

MjdPengusahaStldiPHK

Jika Anda adalah karyawan korban PHK, Anda perlu ingat bahwa PHK bukanlah akhir dari kisah sukses Anda. Tapi mungkin saja ini merupakan titik awal bagi Anda menuju jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, jangan takut jika Anda terkena PHK. Siapkan diri Anda untuk menyongsong masa depan yang lebih baik, salah satunya dengan menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Memulai bisnis dan merintis suatu usaha dari awal memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Terutama bagi Anda yang terbiasa dengan rutinitas kantoran setiap harinya. Namun jangan dulu patah arang, karena di mana ada kemauan, di situ akan menemukan jalannya.

Salah satu kesuksesan seseorang dalam mengelola bisnisnya adalah dengan memiliki banyak relasi. Semakin banyak kita menjalin hubungan, semakin banyak pula peluang kita untuk bekerja sama dalam berbisnis. Memiliki banyak relasi memang merupakan keuntungan tersendiri dari seorang pengusaha. Karena dari sanalah kesempatan dan peluang-peluang usaha bisa didapatkan.

Berikut tip dan trik mendapatkan, menjalani dan memelihara relasi Anda dengan baik.

  • Pelajarilah etika-etika dalam pergaulan. Bagaimana bersikap ketika baru bertemu seseorang, cara berbicara yang santun, bahasa tubuh yang pantas, dan etika-etika yang lainnya. Hal ini sangat penting di dalam menjalin pergaulan.
  • Selalu persiapkan kartu nama kemana pun Anda pergi. Anda tidak akan pernah tahu, dengan siapa Anda akan bertemu saat itu.
  • Ketika seseorang memberikan kartu namanya kepada Anda, simpan baik-baik kartu nama tersebut. Suatu saat Anda pasti membutuhkannya.
  • Jalinlah kerjasama antar pelanggan. Misalnya pelanggan Anda memiliki bisnis sablon dan percetakan. Maka cobalah pesan beberapa perlengkapan bisnis Anda seperti kartu nama dan brosur kepadanya. Hal ini dapat meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan tersebut, sehingga terjalin sifat saling membutuhkan.
  • Perbanyak relasi, teman, dan kesempatan. Asalkan Anda dapat memanfaatkan situasi ini sebagai ajang promosi bisnis Anda.
  • Untuk menambah relasi, Anda dapat mengikuti seminar-seminar atau wordshop kewirausahaan yang kini sudah banyak diselenggarakan.

Tip dan trik diatas merupakan bagian isi dari buku Menjadi Pengusaha Setelah di-PHK karya Putri Nurnitasari, Tantrina Aprianita, Sofiyah. Selain itu, buku ini juga menjelaskan langkah-langkah untuk mendirikan sebuah bisnis. Serba serbi tentang bagaimana memulai usaha dikupas habis, mulai dari memperbaharui mental yang rapuh akibat PHK, cara mempertajam kemampuan, hingga tip dan trik agar sukses berbisnis.

Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh pilihan usaha kecil disertai dengan analisis biaya bisnisnya. Nah, bagi Anda para karyawan yang terkena PHK, atau siapa pun yang ingin merintis sebuah usaha, tentu buku terbitan KawanPustaka ini adalah pilihan yang tepat. Jadi tunggu apalagi, selamat berbisnis!

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*