Sehari Lebih Dekat Bersama Prancis

goes-to-school

Dalam program yang berlangsung dari pukul 08.00-11.00 WIB tersebut menghadirkan 2 narasumber, yakni Apin Imun (Penulis buku “Lancar Ngobrol Bahasa Prancis”) dan Tri Prasetyo (Redaksi Indonesia Tera). Adapun peserta adalah siswa kelas bahasa Prancis di SMA Tarakanita dengan jumlah sekitar 30 siswa.

Dalam kesempatan itu, Apin Imun sebagai penulis buku berbagai informasi seputar pengalamannya menekuni bahasa Prancis sejak SMK hingga lulus dengan gelar Cumlaude dari Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, FBS, UNY pad tahun 2013, dan menghasilkan karya berupa buku “Lancar Ngobrol Bahasa Prancis” pada tahun 2014 . Kupasan buku pun menjadi seru, karena Ia banyak memberikan informasi baru  yang juga ada di buku seputar Prancis yang jarang dikupas dalam materi pembelajar bahasa Prancis.  Hal ini langsung direspon para siswa dengan berbagai pertanyaan seputar tips dan strategi agar bisa menguasai bahasa Prancis ini dengan mudah, bagaimana proses penulisan buku ini, peluang bidang yang bisa disasar oleh para siswa yang mengambil bidang bahasa Prancis, hingga dunia modeling dan dunia mengajar yang juga ditekuni oleh si penulis.

Di sesi kedua dilanjutkan dengan paparan dari Tri Prasetyo dari Penerbit Indonesia Tera tentang peluang remaja dalam dunia penulisan dan penerbitan buku. Baik seputar bidang strategi menulis fiksi (non fiksi), motivasi menulis, bidang garapan yang bisa disasar penulis, hingga pola kerjasama antara penerbit dan penulis. Kupasan ini juga direspon postif oleh para siswa dengan beberapa pertanyaan seputar motivasi menulis, bagaimana cara kirim naskah ke penulis, maupun bagaimana agar karya mereka bisa nembus ke penerbit.

Acara yang dihadiri pula oleh Pak Teo selaku guru bahasa Prancis di SMA Tarakanita ini menjadi semakin meriah dengan penampilan hiburan dari Vera yang menyumbangkan suara emasnya di hadapan para siswa dan bagi-bagi doorprize dari penerbit.

Selain diisi dengan Bedah Buku, di luar juga ruangan digelar Bazzar dengan produk seputar tema Prancis, termasuk buku “Lancar Ngobrol Bahasa Prancis”. Hal tersebut sesuai tajuk utama dalam acara ini  “La Journee Francaisa / Sehari lebih Dekat Bersama Prancis”. Memang, hari itu adalah hari Prancis ala SMA Tarakanita dan Indonesia Tera. Dan semua peserta pun menikmatinya dengan suka cita. (TP)

kegiatan

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

edisi spesial tera