Mengenal Pahlawan-Pahlawan Indonesia

pahlawan-pahlawan-indonesia-sepanjang-masa

 

Nama-nama, seperti Soekarno dan Mohammad Hatta, hanyalah dua dari ratusan pahlawan Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa. Mereka tak hanya dikenal sebagai tokoh nasional, tetapi juga internasional. Sebagai presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia, kedua tokoh ini juga dikenal sebagai pahlawan proklamasi.

Kedua tokoh inilah yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Kekalahan yang dialami Jepang, membuat kekosongan kekuasaan di Indonesia. Dan tepat pada 17 Agustus 1945, pukul 10.00 WIB, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan negara kita tercinta ini.

Selain Bung Karno dan Bung Hatta, ada juga tokoh lain yang berjuang tanpa harus pergi ke medan perang atau mengangkat senjata. Sebut saja Ismail Marzuki dan W.R. Soepratman. Mereka adalah pahlawan nasional yang berjuang dengan keahliannya sebagai pemusik. Atau, K.H. Ahmad Ri’fai dan Syekh Yusuf Tajul Khalwati yang berjuang dengan pemikirannya menentang penjajahan Belanda.

Ya, membahas para pahlawan Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Semakin diperdalam, rasa ingin tahu kita akan perjuangan mereka semakin meningkat. Menurut catatan Kementerian Sosial Republik Indonesia, tidak kurang dari 156 orang yang menjadi pahlawan di negara ini.

Namun, untuk mengenal para pahlawan Indonesia satu per satu bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan referensi yang lengkap mengenai para pahlawan itu.

Hal inilah yang coba diberikan Indonesia Tera. Melalui buku Pahlawan-Pahlawan Indonesia Sepanjang Masa yang disusun oleh Didi Junaedi, Indonesia Tera merangkum nama-nama pahlawan Indonesia secara lengkap.

Buku ini berisi 156 pahlawan Indonesia yang sesuai dengan catatan Kementrian Sosial Republik Indonesia &  menurut UU No.20 tahun 2009. Setiap pahlawannya disertai dengan ilustrasi dan riwayat hidup para pahlawan yang diuraikan secara singkat dan tetap lengkap. Melalui buku ini, pastinya kita bisa lebih mengenal para pahlawan yang sudah berjasa dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*