Memahami Sastra

MembacaSastra

Buku “Membaca Sastra (Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi)” ini merupakan hasil kerja sebuah tim yang dibentuk oleh Jurusan Kesusastraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia pada tahun 2000-2001, dan telah diujicobakan selama dua semester pada mahasiswa peserta mata kuliah Pengantar Kasusastraan dari berbagai program studi sastra di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI. Gagasan untuk menerbitkan buku semacam ini berasal dari kenyataan bahwa hingga saat ini belum ada sebuah buku pegangan perkuliahan yang dapat dimanfaatkan secara praktis, baik oleh pengajar maupun mahasiswa untuk mata kuliah Pengantar Kasusastraan atau Pengantar Pengkajian Kesusastraan pada tingkat perguruan tinggi.

Persoalan tiadanya sebuah buku pegangan perkuliahan yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai jurusan atau program studi yang ada di berbagai Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, ataupun Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan ini terutama terkait dengan adanya bermacam-macam jurusan atau program studi di fakultas-fakultas tersebut, dengan titik berat pada bahasa serta kebudayaan yang berbeda-beda. Di fakultas-fakultas tersebut lazimnya terdapat program studi sastra Indonesia dan sastra Inggris, ditambah lagi dengan program-program studi Daerah, bahasa-bahasa Eropa, serta bahasa-bahasa Asia. Materi yang diberikan bermacam-macam, demikian pula luarannya.

Ada harapan bahwa, setidak-tidaknya, mahasiswa dari berbagai jurusan dan program studi itu memiliki keahlian dan pengetahuan yang kurang lebih setara setelah mereka menyelesaikan mata kuliah pengantar tersebut. Di bidang linguistik, persoalan ini telah dapat dipecahkan dengan adanya sebuah buku teks semacam Pengantar Linguistik Umum, yang dapat digunakan oleh semua jurusan atau program studi, namun upaya yang sama belum terwujud untuk bidang kesusastraan.

Untuk itulah, kemudia , Jurusan Kesusastraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (dahulu Fakultas Sastra) UI membentuk sebuah tim kecil beranggotakan para sarjana di bidang pengajaran sastra yang ada di UI, yaitu Dr. Rahayu Surtiati Hidayat, Dr. Melani Budianta, Dr. Ida Sundari Husen, dan Sdr. M. Yoesoev, M. Hum. Koordinasi kerja anggota-anggota tim dikelola oleh Manneke Budiman, M.A. dan I Made Suparta, S.S., Ketua dan Sekertaris Jurusan Kesusastraan waktu itu.

Tim ini bekerja secara intensif menyusun sebuah buku pegangan yang dapat digunakan oleh mahasiswa sastra, apa pun latar belakang bahasa serta budaya program studinya. Hasilnya diujicobakan selama dua semester di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI. Penyempurnaan kemudian dilakukan oleh sebuah tim yang komposisi anggotanya berbeda dari tim pertama, yaitu Dr. Ida Sundari Husen, Dr. Melani Budianta, Ibnu Wahyudi, M.A., dan Manneke Budiman, M.A.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

edisi spesial tera