Memahami Motivasi Belajar Anak

KunciPelajaranAnakPintar

Belajar itu wajib hukumnya. Salah satu kunci sukses belajar adalah ketika adik-adik menguasai dasar-dasar pengetahuan dari semua ilmu yang sedang adik-adik pelajari. Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh manusia secara berkesinambungan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Akan tetapi, suatu proses belajar yang tidak benar justru akan membuat kita merasa malas dan jenuh. Terlebih lagi pembelajaran terhadap anak, diperlukan metode atau cara belajar yang merangsang anak untuk termotivasi belajar lebih giat.

Orang yang belajar tidak sama keadaannya dengan sebelum ia belajar. Artinya sesudah melakukan suatu perbuatan belajar, mungkin dia merasa lebih bahagia, menjadi lebih menyenangkan atau lebih pandai menyesuaikan diri. Ia juga mungkin lebih pandai menjaga kesehatannya, mempergunakan alam sekitarnya, dan mempertinggi kebaikan umum, atau mungkin akan berbicara lebih baik, dapat memainkan suatu alat musik atau melakukan suatu pembedaan.

Segala sesuatu bila sudah menjadi kebiasaan akan terasa ringan. Demikian juga dengan kebiasaan belajar di rumah. Karenanya penting sekali diusahakan agar belajar dapat menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari (kecuali pada hari-hari libur) dengan gembira.

Untuk melatih kebiasaan belajar, anak membutuhkan suasana yang menyenangkan. Dalam pengertian yang paling sederhana, mungkin anak-anak tidak senang diperintah, dipaksa, dibentak, apalagi diancam dengan hukuman supaya mau belajar. Semakin keras ia dipaksa belajar, semakin buruk hasilnya. Apabila sudah sampai pada taraf ini maka waktu belajar dan waktu untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas sekolah akan menjadi saat-saat yang menyebalkan bagi anak.

Orang tua perlu segera berbuat sesuatu sebelum segalanya terlambat, supaya anak-anak itu akhirnya tidak menjadi putus asa dan tak mempunyai kemauan lagi untuk belajar. Dalam hal ini komunikasi orang tua dengan sekolah menjadi penting sekali, terutama karena pihak sekolahlah yang biasanya mengetahui lebih dahulu kesulitan anak dalam belajar. Di rumah, kasih sayang orang tua yang besar terhadap anak-anak kadang-kadang membuat mereka sulit melihat kekurangan atau kelemahannya. Demi anak, orang tua memang sebaiknya mengambil inisiatif menjalin hubungan dengan guru, sehingga masalah yang dihadapi anak cepat diketahui.

Sebagai kesimpulan, peran orangtua terhadap proses perkembangan belajar anak sangatlah penting. Karena itu para orangtua berperan sertalah dalam setiap proses belajar anak!

Untuk menunjang belajar anak penerbit Indonesia Tera menerbitkan buku Kunci Belajar Anak Pintar. Buku ini menyajikan berbagai hal yang dapat memperkaya ilmu pengetahuan anak. Dari matematika dan pengetahuan alam, bahasa (Inggris, Indonesia, dan Jawa), hingga ilmu pengetahuan umum. Walaupun tidak menyajikan semua pengetahuan yang ada, tetapi buku ini mengutamakan bagian-bagian yang diharapkan dapat lebih mengusik keingintahuan anak sehingga mendorong anak untuk belajar.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*