Melatih Anak Berdoa

KumpulanDoaAnakSholehSehari-hari

Anak adalah anugerah karunia Illahi. Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik dalam segala hal bagi anaknya. Termasuk dalam hal keagamaan. Sepatutnya, kita sebagai orang tua, mengajarkan anak untuk dapat berdoa dengan baik.

Salah satu cara terbaik dalam mengajarkan anak berdoa adalah dengan memberikan suri tauladan dari diri Anda sendiri. Mereka bisa melihat, mendengar dan mengikuti Anda berdoa. Untuk itu biasakanlah anak-anak mendengarkan doa Anda. Berikan dasar-dasar firman Tuhan dalam doa-doa Anda. Dari pengalaman saat menyelidiki firman Allah bersama-sama, anak-anak akan dapat mengembangkan doanya.

“Berdoalah kepada-Ku, aku akan mengabulkan untukmu”, begitulah firman Allah dalam Al Quran. “Doa adalah otak ibadah”, begitu sabda Nabi Muhammad dalam salah satu hadisnya. Oleh karena itu, berdoa sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam setiap saat, terutama ketika hendak memulai suatu pekerjaan dan setelah selesai mengerjakan pekerjaan tersebut.

Ada baiknya jika anak-anak terbiasa membaca doa sejak mereka masih kecil hingga mereka dewasa. Dengan demikian, anak-anak akan selalu mengingat Allah, bersyukur atas nikmat-Nya, serta selalu berada dalam bimbingan dan lindungan-Nya.

Buku Kumpulan Doa Anak Sholeh Sehari-hari yang diterbitkan Indonesia Tera juga menyajikan sekumpulan doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca dalam berbagai aktivitas sehari-hari, mulai sebelum tidur sampai tidur kembali.

Para orang tua juga sebaiknya membaca doa-doa ini. Selain untuk kebahagiaannya sendiri, juga bisa memberikan contoh dan menjadi tauladan yang baik untuk anak-anaknya.

Mendidik anak sejak dini menjadi suatu kewajiban orang tua sejak dari kandungan hingga beranjak dewasa. Islam, misalnya, mengajarkan pentingnya pendidikan anak sejak ia berada dalam kandungan ibunya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau, anak yang ada dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat. Karena itu terimalah nazar itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah yang maha mendengar lagi maha Mengetahui”. (Quran Surat Ali Imran: 38)

Semoga buku karya Abdul Wahid Hasan ini bisa bermanfaat buat semuanya, dan menjadi amal jariayah bagi penulis. Amin.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*