Mahir Menjawab Soal-soal Tes Potensi Akademis (TPA)

2011_panduanpintarlolostpa

Ada satu kewajiban intelektual yang harus dipenuhi untuk lulus tes CPNS atau seleksi-seleksi tertentu yang diselenggara pihak perusahaan atau perguruan tinggi, yaitu lulus Tes Potensi Akademik (TPA). Tes ini akan mengukur kemampuan Anda dalam beberapa bidang, seperti bahasa, matematika, dan ketelitian.

Model tes yang diberikan biasanya menguji daya pikir Anda untuk mengetahui jawaban dari persoalan yang dianggap sederhana, namun pelik. Mulai dari antonim, sinonim, deret huruf, deret angka, tes ketelitian, matematika berpola, dan kelompok kata.

Tes Potensi Akademik sangat unik yang memang ditujukan untuk menyaring kemampuan para calon pegawainya secara akademis. Tes ini juga ditujukan untuk mengungkap prestasi belajar pada bidang tertentu yang merupakan bagian dari Tes Bakat Skolastik (Scholastic Aptitude Test).

Skor TPA masing-masing penyelenggara mempunyai kriteria sendiri, namun TPA yang telah umum dipergunakan dan diakui secara internasional yaitu yang diselenggarakan OTO Bappenas dan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di dalam negeri. Skor tersebut  antara 200 s/d 800. Seseorang dianggap mempunyai kemampuan rata-rata bila mampu mencapai skor 500 (mean).

Skor TPA yang diterbitkan OTO Bappenas berlaku hingga dua tahun sejak tanggal tes, dan tidak dapat diperpanjang kecuali yang bersangkutan mengikuti tes TPA kembali. Materi soal TPA terdiri dari 3 subtes yang masing-masing subtes memiliki skor antara 20 s/d 80, sehingga skor/nilai total didapat dari penjumlahan skor ketiga subtes tersebut dibagi 3 dan dikalikan 10.

Bagi Anda yang berminat melanjutkan pendidikan atau bekerja di suatu instansi pemerintahan atau swasta yang mensyaratkan tes TPA tentu butuh latihan yang cukup. Latihan ini akan membekali Anda secara mental dan penguasaan materi tes. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui bentuk-bentuk soal yang biasa diberikan pada TPA.

Buku “Panduan Pintar Lolos TPA” ini salah satu media yang bisa Anda jadikan bahan latihan menjawab tes TPA. Nouvellina Alfasissurya, S.Psi sengaja menyusun buku ini untuk memberi kemudahan bagi Anda agar lolos Tes Potensi Akademik.

Buku terbitan IndonesiaTera ini merupakan panduan pintar dalam TPA yang merupakan rangkaian tes kemampuan yang praktis dan bisa digunakan untuk seleksi calon mahasiswa, seleksi calon karyawan, merekrut dan mengevaluasi karyawan, promosi atau mutasi jabatan serta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Isi buku ini terbagi menjadi beberapa subtes yang dibahas secara detail dan jelas, sehingga mudah dipahami. Sedangkan materi tes terdiri dari tes Antonim, Sinonim, Analogi, Deret Huruf, Deret Angka, Tes Ketelitian, Matematika Berpola, dan Kelompok Kata.

Salam Sukses..!

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

edisi spesial tera