Kamus Bilingual Jerman & Indonesia

Kamus_Jerman-Indonesia_Indonesia-Jerman

Bahasa Jerman baku merupakan bahasa yang digunakan sebagai bahasa sastra, dalam penulisan-penulisan pada surat kabar, serta digunakan juga sebagai bahasa pengantar di kantor-kantor dan instansi pemerintahan. Dalam bahasa Jerman, dikenal berbagai variasi dalam pengucapannya. Variasi ini timbul karena dipengaruhi oleh dialek masyarakat setempat.  Di antaranya, dialek lokal atau tempatan,  dialek temporal, dan dialek sosial. Ditinjau dari jumlah penuturnya bahasa Jerman merupakan bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di kawasan Uni Eropa, dengan jumlah penutur 99.413.000.

Sejak zaman orde baru banyak mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di berbagai universitas di Jerman. Tentu saja mereka menggunakan bahasa Jerman selama hidup di negara tersebut. Banyak alumni Jerman yang ikut mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di negara Indonesia. Perkembangan Bahasa Jerman di Indonesia, selain dibawa oleh para alumni Jerman, namun juga terdapat interes bagi negara Jerman untuk mengembangkan bahasanya di Indonesia.

Komitmen negara Jerman untuk mengembangkan Bahasa Jerman di Indonesia diwujudkan dengan mendirikan lembaga Bahasa Jerman yang dikenal sebagai Goethe Institut. Nama ini diambil dari seorang pengarang Jerman terkenal  yaitu Johan Wolfgang Goethe. Pada mulanya Goethe Institut ini didirikan di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Selain itu pemerintah Jerman juga memperkuat kerja samanya terutama di dalam bidang pendidikan dengan mendirikan lembaga Deutscher Akademischer Austausch-Dient (DAAD, Germany Student Exchange) yang berada di Jakarta.

Pemberian beasiswa terhadap mahasiswa Indonesia yang berprestasi dilakukan secara rutin setiap tahun oleh DAAD. Komitmen DAAD untuk mengembangkan Bahasa Jerman ini dilakukan dengan memberikan pembekalan berbahasa Jerman bagi setiap Stipendat yang akan belajar di universitas di Jerman. Kecenderungan penggunaan Bahasa Jerman oleh masyarakat Indonesia, semakin hari mengalami peningkatan.

Beberapa ahli dari Jerman didatangkan ke Indonesia sebagai konsultan. Selain mereka dapat berbahasa Inggris, namun akan lebih senang bila mereka disentuh dengan bahasa ibunya, yaitu Bahasa Jerman. Produk import yang berasal dari Jerman relatif banyak, terutama di bidang permesinan. Di dalam manual terdapat petunjuk yang biasa ditulis dalam bahas Jerman. Pemahaman yang keliru terhadap peralatan atau nota kontrak maupun kerja sama lainnya yang ditulis dalam Bahasa Jerman akan menimbulkan konsekuensi material yang harus diperhitungkan. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia perlu mempelajari Bahasa Jerman karena Bahasa bahasa ini  merupakan alat komunikasi yang sering dipergunakan.

Kamus Jerman-Indoneisa Indonesia-Jerman terbitan Indonesia Tera ini dibuat untuk melengkapi kebutuhan para pembelajar bahasa Jerman agar dapat memahami bahasa Jerman dengan mudah. Disertai dengan petunjuk penggunaan kamus yang akan membantu Anda yang baru ingin belajar bahasa Jerman. Sebaiknya, kamus ini juga cocok digunakan penutur bahasa Jerman untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan lancar.

Setiap entri dalam kamus yang disusun oleh Wahyu Untara ini disertai dengan pelafalan sehingga memudahkan Anda dalam mengaplikasikannya. Setiap entri kata benda dalam bahasa Jerman disertai artikel dan bentuk jamak yang disajikan dengan praktis dan mudah dibaca. Selain itu, buku ini dilengkapi juga dengan materi daftar nama-nama hari dan bulan, daftar kata bilangan, percakapan penting, dan kata kerja tak beraturan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*