JONI ARIADINATA

joni

Lahir di Dusun Majapahit Majalengka, 23 Juni 1966. Mulai menulis cerita pendek pada pertengahan tahun 1993 di harian Surabaya Post, dan tahun 1994 secara mengejutkan sebagai Cerpenis Terbaik Pilihan Kompas atas karyanya Lampor. Karya karya kemudian tersebar di berbagai media massa; di antaranya terpublikasi dalam majalah Horison, Matra, Basis, Jurnal Kebudayaan Kalam, Bahana (Brunei Darussalam), serta harian Kompas, Republika, Media Indonesia, Suara Pembaruan, The Jakarta Post, Pikiran Rakyat, Jawa Pos, Bernas, dan lain sebagainya.

Tahun 1997, kembali dinobatkan sebagai Cerpenis Terbaik Nasional versi BSMI atas karyanya Keluarga Mudrika; (1998) mengikuti Writing Program pada Majelis Sastra Asia Tenggara, dan mendapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta, atas nominasi karya berjudul Keluarga Maling pada Pemilihan Cerita Pendek Indonesia Terbaik 1999; ke Johor Bahru Malaysia mengikuti Pertemuan Sastrawan Nusantara ke-X dan Pertemuan Sastrawan Malaysia ke 1.

Karyanya dalam bentuk antologi adalah: Lampor (Kompas, 1994), Guru Tarno (Bigraf, 1995), Negeri Bayang Bayang (DKS, 1996), Candramawa (Pustaka Nusatama, 1996), Pistol Perdamaian (Kompas, 1996), Gerbong (Pustaka Pelajar, 1998), dan Aceh Mendesah dalam Nafasku (KaSUHA, Banda Aceh, 1999).

Kumpulan Cerita Pendek tunggalnya, Kali Mati, diterbitkan Bentang Budaya pada bulan November 1999; dan dibacakan di Taman Ismail Marzuki. Kini meenetap diJogjakarta, menulis dan melukis.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*