Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang

Intro-bahasa-jepang

bahasa-jepang

Jepang adalah salah satu negara yang punya catatan sejarah panjang. Mulai dari era kekaisaran di zaman klasik, masa perang dunia, hingga era modern sekarang.  Di bidang ekonomi, Jepang termasuk negara maju dengan produk domestik bruto kedua terbesar setelah Amerika Serikat.  Perusahaan-perusahaan raksasa seperti Honda, Mitsubishi, Toyota adalah trademark terkenal dari Jepang yang sudah mendunia.

Meski negaranya sudah menjadi negara maju, bangsa Jepang sangat rajin menjaga kelestarian sejarah dan budayanya. Salah satu yang sangat penting dan dikembangkan hingga kini adalah pelestarian bahasa Jepang.

Sebelum mempelajari bahasa Jepang, sebaiknya kita mengetahui beberapa huruf vokalnya, yakni a, i, u, e, dan o.  Dalam pelafalannya, huruf vokal tersebut hampir mirip dengan bahasa Melayu dan bahasa Indonesia.

Menulis dalam bahasa Jepang
Tulisan Jepang kebanyakan dipengaruhi oleh tulisan Cina yang terbagi ke dalam tiga jenis, yakni kanji, hiragana, dan katakana.  Ketiganya sering dikombinasikan dalam penggunaan sehari-hari. Kanji biasanya berfungsi untuk menyebutkan kata dasar, kata sifat, kata sandang, dan kata kerja. Barulah ada hiragana untuk menyelaraskan kata-kata dari Kanji tersebut dan menyesuaikannya dengan pola bahasa Jepang yang berlaku. Dan terakhir ada katakana yang salah satu fungsinya adalah menerjemahkan kata-kata serapan dari bahasa asing.

Kanji
Ada dua cara membaca huruf kanji, yakni kun-yomi dan on-yomi. Kata benda, kata sifat, kata kerja, dan beberapa kosakata asli Jepang biasanya menggunakan kun-yomi.  Sedangkan on-yomi digunakan sebagai cara membaca ala orang Cina.

Kanji

Hiragana
Menurut sejarahnya, tulisan hiragana banyak digunakan oleh kaum perempuan sehingga dikenal juga dengan nama onna de (tulisan wanita).  Berikut adalah daftar huruf hiragana:

Hiragana
 

Katakana
Dibanding penulisan huruf Jepang lainnya, katakana bisa disebut sebagai cara menulis yang paling sederhana dan ringkas.  
 Katakana 1

Katakana 2
 
Dalam menyerap bahasa asing, katakana memiliki sistem sendiri yang disebut gairaigo. Hal ini juga disebut-sebut sebagai bagian tersulit mempelajari bahasa Jepang.  Perhatikan contoh di bawah ini:

Gairaigo

Perlu ketekunan dan kesabaran dalam mempelajari bahasa Jepang.  Setelah mengetahui beberapa kosakata dan dasar penulisan, kamu bisa mencoba berlatih melalui percakapan berikut:

ララ     : おはようございます。
Rara     : Ohayou gozaimasu.
              Selamat pagi.
ゆか     : おはようございます。
Yuka    : Ohayou gozaimasu.
              Selamat pagi.
ララ     : ひさしぶりですね。お元気ですか。
Rara     : Hisashiburi desu ne. Ogenki desu ka.
              Lama tak jumpa ya. Apa kabar?
ゆか     : はい、おかげさまで、元気ですよ。
Yuka     : Hai, okagesamade, genki desu yo.
              Kabar baik, berkat doa Anda.


 

finalart bahasajepangMau tahu lebih lengkap tentang bahasa Jepang? Bagaimana menggunakannya dalam percakapan sehari-hari? Dapatkan semuanya di buku “Pintar Bahasa Jepang Super Lengkap” yang ditulis oleh Primasari N. Dewi.  Di buku ini, kamu bisa Pintar Nulis jepang, Pintar Tata Bahasa Jepang sekaligus Pintar Ngomong Jepang dalam satu paket buku lengkap.

beli

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*