BINCANG PENULISAN & PENERBITAN BARENG REDAKSI TERA

received_1732059386820261_1

DI FORUM BIKIN BUKU CLUB (BBC) 21 CILACAP

Jalan-jalan ke Cilacap, yuk! Kota yang terkenal dengan obyek wisata Teluk Penyu, Benteng Pendem, dan Nusakambangan itu, lho! Kota yang selalu menjadi pusat perhatian Indonesia dan dunia ketika proses eksekusi mati narapidana teroris atau gembong narkoba. Eiitt, tapi Redaksi bukan mau bahas Cilacap dari obyek itu. Redaksi akan mengajak kalian menengok kegiatan Redaksi bareng forum penulis Bikin Buku Club (BBC) 21 Cilacap yang berlangsung kemarin Minggu, 20 November 2016. Oya, forum BBC ini ada di bawah Inspirator Academy (IA) dengan CEO Pusatnya mas Brilly Agung. BBC ini Ada di beberapa kota, Cilacap salah satunya. Nah, bagaimana kegiatan Redaksi di sana? Simak kupasannya di sini ya!

Bertempat di Pendopo Kab.Cilacap, Redaksi Indonesia Tera yang langsung diwakili Pemimpin Redaksinya yaitu mas Tri Prasetyo (TP) ini mendapatkan kesempatan di sesi kedua pukul 13.00-15.30 Wib. Sebelumnya, mas Brilly Agung selaku mentor BBC+CEO IA Pusat yang mengisi materi penulisan sejak pukul 09.00 Wib. Ya, forum yang fokus menekuni bidang penulisan buku ini setelah menghasilkan naskah tentu salah satu orientasinya lanjutannya adalah bagaimana agar naskahnya bisa dipublikasikan oleh Penerbit. Makanya, diskusi dengan penerbit menjadi salah satu hal cukup penting bagi mereka.

mastp-2Tepat pukul 13.00 Wib, sesi untuk Redaksi dimulai. Pada kesempatan tersebut, mas TP menyampaikan materi dengan tema “Strategi Menembus Penerbit”. Materi diawali dengan membuka potensi yang ada di Penulis dan potensi di Penerbit serta bentuk sinergi yang bisa dilakukan oleh keduanya. Potensi penulis tidak hanya digali dari aspek naskahnya saja, namun justru dari aspek kompetensi akademik, skill, dan hobby hingga potensi media sosial mereka.

Nah, karena produk buku yang dihasilkan dari sinergi tersebut sudah masuk ke ranah industri perbukuan nasional, maka peta pasar perbukuan nasional (yang menjadi mata rantai buku yang dihasilkan tersebut hingga sampai ke tangan pembaca) pun menjadi hal yang juga dibahas di dalamnya. Baik peta penerbit, peta distributor dan toko buku, peta bidang garapan di toko buku yang bisa disasar penulis, hingga ke peta pembaca dan berbagai hal yang mempengaruhinya. Sebab, sebagai sebuah industri yang produknya informasi, sebuah produk yang dihasilkan penerbit dan penulis tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan pembaca yang disasarnya secara tepat. Makanya, analisis tentang peta pembaca dan pergerakannya saat ini menjadi hal yang penting untuk dikaji. Apalagi ini era digital, di mana segalanya bisa terhubung dan berinteraksi secara langsung tanpa batasan jarak dan waktu. Baik antara penulis dan pembaca, penulis dan penerbit, penerbit dan pembaca, pembaca dengan pihak toko buku, dan lain sebagainya.

Sesi yang berlangsung cair tersebut langsung disambut antusias oleh para peserta. Yang cukup menarik, para peserta yang tergabung di forum BBC 21 Cilacap ini cukup variatif. Mulai dari siswa kelas 5 SD (Adik Dina), 2 SMP (Adik Diva), Guru SMP (Bu Niken Purwani), kalangan professional (Mas Ciptono, Muhrodin, Ratri ARyanti, Isnaebi, Kaheel,) dan lainnya dari tim Inspirator Academy Cilacap (Mbak Vetri, Prisca, dll). Pertanyaan dari mereka antara lain menyangkut mekanisme kerjasama dengan penerbit, ide-ide naskah yang mereka buat dan rekomendasi penerbit mana yang memungkinkan menampung naskah mereka, trend buku di tiap kategori, dan lain sebagainya. Tanpa terasa, diskusi pun berlangsung hampir 2,5 jam. Pada sesi penutupnya, mas TP memberikan tips dan strategi kepada mereka tentang bagaimana strategi penulis menembus penerbit. Bahkan, beberapa naskah pun mas TP terima langsung dari mereka untuk dibawa ke Jogja dan dibaca Tim Redaksi Indonesia Tera. Siapa tahu, jika cocok bisa diterbitkan. Jika pun belum, paling tidak ada masukan dan informasi yang bisa diberikan untuk perbaikan naskahnya maupun potensi lain yang bisa dikembangkan.

Munculnya forum-forum pembaca dan forum penulis di daerah sejatinya menjadi hal yang harus diapresiasi bersama oleh kalangan perbukuan khususnya penerbit. Sebab, itu akan menjadi salah satu potensi besar yang bisa menggerakan minat baca di daerah sekaligus membuat industri perbukuan nasional ini terus berkembang ke depan. Bukankah salah satu azet yang cukup penting bagi penerbit adalah penulis dan pembaca? Makanya, Redaksi selalu menyambut hangat jika ada forum penulis maupun pembaca di daerah yang ingin bekerjasama dalam penyelenggaran berbagai program, termasuk diskusi penulisan maupun penerbitan seperti ini tentunya. Kalian tertarik? Langsung hubungi Redaksi Indonesia Tera, ya!

 

Salam Kreatif! (TP)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

edisi spesial tera